Rekayasa Sayur Sop

Tentu seorang lelaki tidak diharamkan untuk memasak, makanya aku nekad beli seperangkat alat sop dari supermarket, sekalipun para pelayan perempuan itu terus menerus nyerengeh melihatku ketika mengambil sebungkus sayur sop, aku tetap melaju pantang menyerah. 
Tapi ketika di perjalanan aku jadi bingung? Gimana masaknya? Soalnya gak ada “manual book”-nya sih. Lha ieu buncisna di gimanain? Kentangnya? Wortelnya.

Inilah catatanku mengenai eksperimen sayur sop.

Kegagalan pertama dalam masak sayur sop : pakailah daging ayam, daging sapi, macaroni, atau setidaknya telor puyuh yang di kulub terlebih dahulu. Jangan pernah terbesit dalam benak anda untuk menggunakan telor ayam apalagi sapi (itu juga kalau ada telor sapi?) karena itu akan membuat sayur sop Anda pasedek-sedek, berdesakan.
Kesalahan kedua dalam masak sayur sop : suir-suirlah lapisan engkol tapi jangan mengirisnya, jika anda melakukan itu, anda akan mendapati sayur sop tak lebih dari sebuah adonan bala-bala yang pake air. Itu tak baik buat kesehatan mata. Seperti runtah di pasar.
Kesalahan ketiga dalam memasak sayur sop : anda boleh menggunakan gula putih dan garam sebagai pengganti petsin guna mendapatkan rasa gurih, perpaduan gula putih dan garam memang memberikan rasa gurih pada masakan. Tapi sekali-kali terlintas dalam benak anda untuk menggunakan gula merah, karena itu akan merubah jenis masakan yang anda masak dari sayur menjadi kolek.
Kesalahan keempat sarapan dengan sayur sop; sekalipun ada suka banget sama sayur sop, tapi anda jangan memaksakan buat sarapan dengan sayur sop yang di masak kemarin, apalagi menjadikan mie instan sebagai makanan subtitusi nasi lantas menggodog-kannya bareng-bareng. Gurih emang, enak iya. Tapi lihat reaksi beberapa menit selanjutnya; anda akan katarajang penyakit ‘stomache’ (nyeuri beteung).
Rekayasa sayur sop: bagi anda yang bosan merasakan sayur sop yang itu-itu aja, anda harus coba variasi baru. Caranya gampang! Pertama-tama godogkan mie instan sesuai selera, kemudian gebruskan bahan-bahan sayur sop (mulai dari wortel, engkol, buncis, kentang dan lain). Jadi deh sayur sop rasa nekad.
Referensi sayur sop; seperangkat sayur sop di supermarket harganya Rp. 1750 sayurnya segar-segar tapi agak mahal. Kalau di si mba yang lewat jam sembilan harganya Rp. 1000 agak kotor sih dan gak konsisten kadang-kadang kentang nya gak ada,  di ganti ama buncis, tapi murah. Nah kalau dari si ibu yang lewat jam sebelasan , lebih murah! Cuman Rp. 750, tapi geus pareot siga nu dagangna. Munding nu mana ya?
Validitas sayur sop: Bener kan? Ceuk saya oge, nu jam sebelasan mah, murah, pareyot tapi rada konsisten , ngan rada Bid’ah wortel na terlalu banyak.
Variasi sayur sop; belilah seperangkat sayur sop, tapi jangan memasaknya jadi sayur, coba variasi lain. Ngingkiglah anda beli telor. Nah godogkan bahan2 sayur sop itu seperti biasa, setelah beres kemudian tiriskan. Pecahkan telor yang tadi kamu beli di dalam mangkuk, terus masukan sayuran yang udah kering tadi. Aduk rata, masukan segala macam bumbu sayur sop. Kemudian goreng bahan-bahan tadi, jadilah “Manipulasi Sayur Sop”. 
Rasanya Anda tidak akan menyangka!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s