Total Blogging

Rada riweuh guning nge-blog teh? Barusan si guwe seurcing kumaha carana sih jadi blogger teh, nu aktivitasna nge-blog, eh ari pekteh. Si guwe emang mendapatkan pelbagai macam tips yang berbau psikologis sampai eksistensialis; kieu ceunah ceuk belajarngeblog.com
Siapa aku- Kita perlu menemukan jati diri kita yang sebenarnya dulu, jika kita sendiri tidak mengenal siapa kita sesungguhnya, bagaimana kita akan mencerminkan diri kita melalui blog ? karena sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, blog merupakan cerminan dari pembuatnya.

Luangkan waktu sejenak, pikirkan tentang hal berharga apa yang kumiliki, apa yang selalu menarik perhatian ku hingga aku tak mudah merasa bosan, apa tujuan yang ingin kucapai, apa yang bisa membuatku terinspirasi untuk menulis. Jika kita bisa menemukan hal-hal yang bisa membuat kita terus bersemangat untuk menulis, maka itulah topik yang paling tepat. Karena dengan semangat dan motivasi yang tinggi, itu akan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan lebih indah.
Sedang trend – Ok .. kita sudah menemukan topik yang membuat kita tertarik dan bersemangat, tapi itu belum cukup. Kenapa belum cukup ? karena kita harus tahu lebih jauh lagi mengenai topik tersebut. Lakukan sedikit penelitian lagi, temukan jawaban dari pertanyaan berikut ini, apa topik ini sedang banyak diminati? Apa topik ini sedang banyak dibicarakan dan dicari ? apa topik ini akan terus diminati ?
Mengapa ini penting untuk dilakukan? Ini penting dilakukan jika kita ingin mendapat banyak pengunjung. Mencari topik yang banyak diminati akan memberikan kesempatan yang besar bagi blog untuk terus dikunjungi. Jika kita memilih topik yang kurang peminatnya maka akan butuh waktu yang lama untuk mendapatkan pengunjung. Karena itu lakukanlah sedikit penelitian, kunjungilah blog-blog yang banyak mendapat pengunjung. Dari situ kita bisa mendapatkan gambaran, topik apa kira-kira yang membuat blog tersebut ramai dikunjungi.
Bagaimana kompetisinya – setelah menemukan topik yang banyak peminatnya, langkah selanjutnya adalah melihat kompetisinya. Berapa berat persaingannya, mampukah kita menghadapinya. Untuk melihat seberapa besar kompetisi pada topik yang kita pilih, bisa dilakukan dengan menggunakan Google Suggest. Inputkan keyword yang kita pilih sebagai topik utama di blog kita nantinya, dan lihat jumlah query yang diberikan oleh Google Suggest. Angka yang ditunjukkan oleh Google Suggets itulah kompetisi yang harus kita hadapi.
Edan kan? Mun beurat kieu carana jadi blogger munding eureun ah bisi kaburu jadi munding, …. heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s