Kemungkinan

Dan di atas segala ketidakmungkinan ada suatu hal yang mungkin; mungkin terjadi, mungkin terlaksana, mungkin terabaikan, mungkin tidak terelakkan, mungkin saja begitu, mungkin tidak begini dan mungkin saja tidak mungkin.

Kemungkinan adalah suatu celah yang menunjukkan kepada kita sebuah jalan keluar dari kemumetan, dari kacau balaunya situasi, dari rumitnya kontradiksi, dari simpang siurnya pendapat, dari tiadanya tujuan, dari hampanya sebuah eksistensi dan mungkin alpa-nya sebuah substansi.

Disana ada kemungkinan, kemungkinan jalan keluar, jalan yang bisa memungkinkan kita tidak jangar, santai, rileks, menerima segala sesuatunya dengan bijaksana, legowo, dan memungkinkan kita bisa melepaskan segala-galanya.

Pasti ada kemungkinan untuk itu.

Kemungkinan ada, kalau kita percaya; bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semuanya mungkin terjadi, baik hal yang buruk dan yang baik. Itu mungkin.

Kemungkinan sejatinya adalah sebuah harapan, lubang ventilasi saat kita tersesak, atau secercah cahaya ketika lampu padam. Oleh karena itu, kemungkinan adalah sebuah upaya manusia di sepanjang sejarah untuk mempertahankan hidup.

Di saat sulit, mereka selalu berkata; “mungkin suatu saat nanti kesulitan ini akan reda, dan kita akan menemukan sebuah jalan keluar, jalan dimana kita bisa berjalan dengan damai, menikmati pepohonan dan udara segar di pagi hari yang telah lama kita tidak rasakan”.

Di saat terdesak, juga berkata demikian; “mungkin, ini adalah sebuah cobaan hidup, ujian Tuhan yang di berikan kepada kita supaya kita naik tingkat, mungkin orang lain pernah mengalaminya, dan lolos dengan selamat, dan kenapa kita tidak?”.

Percayalah, pada sebuah kemungkinan.

Karena satu kata bisa merubuhkan kita, dan satu kata juga bisa membangkitkan kita.

Itu mungkin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s