Pharrell Williams – Happy

Saya lagi seneng dengar lagu ini, yang nyanyi Pharrel Williams (bukan Kiki Parel ya?), saya belum pernah dengar lagu Doi yang lain sebelum lagu Happy ini. Jadi kalau situ bilang saya fans berat, gak juga. Pertama kali denger hanya selintas saja, di tv, hentakan beatnya mencuri perhatian, keren, bikin mood jadi bagus. Selebihnya saya cari di youtube dan memang lagunya sedap, buat joget-joget ringan. 

Lagu yang sukses itu adalah lagu yang easy listening, itu pendapat saya, saya bukan Bens Leo yang bisa meramal arus perkembangan musik, jadi jangan terlalu percaya, lagu Happy ini enak di dengar, telinga kita langsung bisa mencerna, ngeh gitu. Masalah lirik lagu soal kesekian, yang penting enak dulu, mau liriknya amburadul, gak ada artinya sama sekali, itu nomor sekian lah, karena apa yang kita dengarkan, bukan berarti selalu kita pikirkan bukan? Sekalipun jarak telinga kita dengan otak masih satu rumpun di kepala, tapi percaya lah, tidak setiap yang kita dengar kita pikirkan. 

Kembali ke Pharrell, lagu ini ternyata OST Soundtrack film Despicable Me 2, saya juga belum nonton filmnya, jadi saya tidak akan ngobrolin soal filmnya. Kita fokus ke lagu ini saja, nah, di bawah ini video nya, saya pilihkan yang ada liriknya, biar enak nyanyinya. 




Biar lebih Afdol, saya kutip juga liriknya.

“Happy”
[Verse 1:]It might seem crazy what I’m about to say
Sunshine she’s here, you can take a break
I’m a hot air balloon that could go to space
With the air, like I don’t care baby by the way

[Chorus:]Because I’m happy
Clap along if you feel like a room without a roof
Because I’m happy
Clap along if you feel like happiness is the truth
Because I’m happy
Clap along if you know what happiness is to you
Because I’m happy
Clap along if you feel like that’s what you wanna do

[Verse 2:]Here come bad news talking this and that, yeah,
Well, give me all you got, and don’t hold it back, yeah,
Well, I should probably warn you I’ll be just fine, yeah,
No offense to you, don’t waste your time
Here’s why

[Chorus]
Hey, come on

[Bridge:](happy)
Bring me down
Can’t nothing bring me down
My level’s too high
Bring me down
Can’t nothing bring me down
I said (let me tell you now)
Bring me down
Can’t nothing bring me down
My level’s too high
Bring me down
Can’t nothing bring me down
I said

[Chorus 2x]
Hey, come on
(happy)
Bring me down… can’t nothing…
Bring me down… my level’s too high…
Bring me down… can’t nothing…
Bring me down, I said (let me tell you now)

[Chorus 2x]

Come on
 

Oke sudah di baca lirik lagunya yang di atas. Keren banget kan? 

Nah baru kita bahas isi lagu itu. Coba kamu baca ada gak di dalam satu liriknya yang ngajak kita gusar, minder atau bikin hidup kamu ribet, mikirin mantan, mantan presiden, mikirin negara, agama, atau apalah! 

Doi bilang, “Come on! Bring me down! Yey gak bisa! My level’s too high. Come on! Coba lagi? Bring me down. Yey Gak bisa! Can’t nothing bring me down. I said– let me tell you now–can’t nothing bring me down, My level’s too high! Well, I should probably warn you I’ll be just fine, yeah. No offense to you, don’t waste your time. Here’s why. Because I’m happy.”

Dengerin lagu ini, saya jadi inget salah satu quote, saya sudah lupa siapa yang bilang, tapi intinya kaya gini, orang bijak itu bukan orang yang bisa memikirkan banyak hal, tapi mereka yang bisa mengabaikan sesuatu. Saya cari-cari di google tapi sudah gak ada, persis quote nya emang tidak berbunyi seperti itu, yang ngomong Filsuf Eropa kalau gak salah. 

Tapi saya dapat quote baru, kali ini Rumi yang bilang, “The Art of knowing is knowing what to ignore” kurang lebih artinya mungkin gini ya? Sori kalau salah translate, seni pengetahuan, yang pertama kali mesti di ketahui, adalah mengetahui apa yang mesti di abaikan. Ungkapan serupa juga pernah muncul dalam film Batman Begins, kira-kira kaya gini, ketidaktahuan adalah berkah.     

Saya masih punya kesimpulan, semakin banyak tahu, sebetulnya tidak membuat kamu semakin happy, malah sebetulnya, semakin banyak yang kamu ketahui, kamu semakin parno. Ibaratnya kayak gini, kalau mahasiswa kedokteran saya ajak makan di sawah mungkin dia bakal repot, bisa jadi dia gak makan-makan. Kenapa? Ya karena gak steril. Tapi kalau petani, cuek saja. 

Tapi, kalau gak tahu apa-apa juga repot, guys. 

Clap along if you feel like that’s what you wanna do.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s